WELLCOME, SUGENG RAWUH, SELAMAT DATANG, BE HAPPY

Minggu, 16 Juni 2013

Multimedia Interaktif (MMI)

Secara etimologis multimedia berasal dari kata multi (Bahasa Latin, nouns) yang berarti banyak, bermacam-macam, dan medium (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.  Kata medium dalam American Heritage Electronic Dictionary (1991) juga diartikan sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi (Rachmat dan Alphone, 2005/2006).
Jadi arti multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi.
Multimedia terbagi atas dua karakteristik yaitu:
a.       Multimedia Linear, seperti: Televisi, Radio, Majalah, Koran
b.      Multimedia Interaktif, seperti: Game, Website
Berdasarkan proses,  multimedia terbagi atas dua kategori yaitu:
a.   Multimedia content production, adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll)atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi.
b.   Multimedia communication, adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio, cetak, dan Internet, untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaiment, news, education, dll.
Salah satu sofware untuk membuat multimedia interaktif (MMI) adalah adobe flas CS6. Berikut ini hasil experiment saya dalam mebuat MMI tentang namakara. Namkara merupakan salah satu sikap yang penting dalam agama Buddha dan harus dikuasai oleh anak didik atau umat Buddha secara umum. MMI tentang namakara dapat anda lihat artikel UAS TIK



Tidak ada komentar :