WELLCOME, SUGENG RAWUH, SELAMAT DATANG, BE HAPPY

Kamis, 09 Mei 2013

Konsep Pengelolaan Sampah


Ada 3 macam konsep dalam mengelola sampah yaitu:

         1. Hirarki Sampah - hirarki limbah merujuk kepada " 3 M "  terdiri dari:

Tujuan dari hirarki imbah adalah untuk mengklasifikasikan strategi pengelolaan sampah guna minimalisasi sampah. Sehingga dapat diambil keuntungan maksimum dari produk-produk praktis dan untuk menghasilkan jumlah minimum limbah.
       2. Perpanjangan tanggungjawab penghasil sampah/Extended Producer Responsibility (EPR). (EPR) adalah suatu strategi yang dirancang untuk mempromosikan integrasi semua biaya yang berkaitan dengan produk-produk yang dihasilkan termasuk pendaur ulangan sampah ke dalam harga jual produk. Disini terdapat tanggung jawab produsen untuk menentukan akuntabilitas atas seluruh Lifecycle produk dan kemasan yang di pasar. Ini berarti perusahaan diminta untuk bertanggung jawab terhadap produk yang dihasilkan apakah produknya berperan dalam menambah atau meniminalisasi sampah.

     3. Prinsip pengotor membayar - prinsip pengotor membayar adalah prinsip di mana pihak pencemar membayar dampak akibatnya ke lingkungan. Sehubungan dengan pengelolaan limbah, ini umumnya merujuk kepada penghasil sampah untuk membayar sesuai dengan pembuangan.

Tidak ada komentar :