WELLCOME, SUGENG RAWUH, SELAMAT DATANG, BE HAPPY

Kamis, 09 Mei 2013

Perjalanan Suci (Dharmayatra)


Pengertian Dhammayatra
Dharmayatra terdiri dari dua kata, yaitu : dhamma dan yatra. Dhamma (Pali) atau Dharma (Sanskerta) artinya kesunyataan, benar, kebenaran, hukum, ajaran, suci, ide, segala sesuatu, segala keadaan dan sebagainya, dalam konteks ini Dhamma diartikan suci. Sedangkan yatra (Sanskerta-Pali) artinya ditempat mana. Jadi secara etimologis dharmayatra atau dhammayatra berarti di tempat dharma (dhamma).
Dhamek Stupa, Sarnath
Maka dhamayatra dapat diartikan sebagai tempat yang berhubungan dengan dhamma, yang perlu dikunjungi oleh umat Buddha. Karena mengunjungi tempat dhamma inilah maka akhirnya dhamma (dharma) yatra, secara umum berarti mengunjungi tempat-tempat suci yang berhubungan langsung dengan berbagai peristiwa penting dalam kehidupan Buddha Gotama. Dalam Bahasa Indonesia kita bisa menyebutnya WISATA DHARMA.
Penyebutan Dharmayatra, kemudian berkembang bukan hanya mengunjungi tempat yang berkaitan langsung dengan Buddha Gotama tapi juga tempat-tempat berkaitan dengan sejarah penyiaran agama Buddha atau tempat dimana Buddha Dharma berkembang dengan pesat. Seperti situs peninggalan kerajaan Mataram, Sriwijaya, dll.

Tujuan dan Manfaat Dharmayatra
Manfaat yang didapat sebagai hasil karma baik karena berdarmayatra adalah besar sekali. Karena manfaat berdarmayatra ini akan membantu dan menentukan kelahiran kita pada kehidupan yang akan datang. Hal ini dapat kita ketahui dalam Mahaparinibbana sutta yaitu:

“Ananda, ada empat tempat yang layak di ziarahi oleh umat yang penuh keyakinan dan menginspirasikan kebangkitan spritual dalam diri mereka. Tempat-tempat tersebut adalah Lumbini, Bodhgaya, Taman Rusa Isipatana dan Kusinara .... Ananda, bagi mereka yang berkeyakinan kuat melakukan ziarah ke tempat-tempat itu, maka setelah mereka meninggal dunia, mereka akan terlahir kembali di alam surga.”
Ketika kita berada di tempat dharmayatra sebaiknya kita merenungkan sifat luhur dari Sang Buddha dan kita berusaha melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.


Tidak ada komentar :