Program adiwiyata bertujuan menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Titik tekan program ini adalah bagaimana menumbuhkan budaya cinta lingkungan pada anak sejak dini.
Kesuksesan program adiwiyata ditentukan oleh dukungan seluruh warga sekolah. Dalam bidang pengembangan kurikulum, salah satunya adalah dengan mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup kesemua mata pelajaran, tak terkecuali mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha.
Dalam mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup kemata pelajaran Pendidikan Agama Buddha, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menganalisis Kompetensi Dasar dan indikatornya. Kemudian memilah-milah mana yang relevan untuk integrasi dengan pendidikan nilai-nilai lingkungan hidup.
Berikut ini kompetensi dasar yang relevan untuk pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup. Kompetensi dasar yang saya gunakan adalah berdasarkan kurikulum 2013 dengan alasan meski belum secara menyeluruh sekolah-sekolah menerapkan kurikulum 2013 tetapi saya berpikir bahwa kedepannya kurikulum inilah yang akan digunakan maka saya menggunakan KD ini agar bisa langsung diterapkan dalam pembuatan RPP.
Analisis KD Pendidikan Agama Buddha Kelas VII dalam Pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup, sbb:
Kelas VII
|
|||
Kompetensi
isi
|
KD PAB
Kurikulum 2013
|
Analisis
|
Contoh Penerapan
|
1.
Menerima dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menghayati hakikat ketuhanan dalam agama Buddha
|
√
|
Mengenal
sabda-sabda Buddha tentang lingkungan
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru.
|
2.1 Menunjukkan Empat sifat luhur dalam kehidupan sehari-hari
|
√
|
Contoh penerapan
metta (cinta kasih) yaitu meyayangi alam sekitar dengan cara merawat dan
memelihara hewan peliharaan, tanaman, dan membuang sampah pada tempatnya
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya serta benda-benda dan makhluk hidup yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mendeskripsikan formulasi
Pancasila Buddhis dan Pancadharma
|
||
3.2 Mengidentifikasi-kan
kitab suci, tempat ibadah dan Lambang-lambang dalam agama Buddha
|
√
|
Membuat lambang-lambang dalam agama Buddha dengan
menggunakan barang daur ulang
|
|
3.3 Mengidentifikasi
kriteria agama Buddha dan umat Buddha
|
|||
4. Menyajikan pengetahuan faktual secara logis, seni yang menggambarkan keindahan,
karya yang kreatif, dan tindakan/gerakan yang mencerminkan perilaku hidup sehat.
|
4.1. Melaksanakan Pancasila dan Pancadharma dalam kehidupan
sehari-hari
|
√
|
Contoh penerapan sila 1: menghargai keaneka ragaman
hayati
Contoh penerapan sila 2: menghindari pekerjaan salah
misalnya ilegal logging
|
4.2 Menceritakan peristiwa tujuh minggu setelah
mencapai Penerangan Sempurna
|
√
|
Contoh: Buddha menghormati pohon boddhi selama 7
hari, ini merupakan teladan penghormatan terhadap kelestarian alam
|
|
4.3 Menceritakan alasan Buddha menyiarkan Dharma
|
|||
4.4 Menceritakan perjalanan Buddha memutar Roda
Dharma
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar