WELLCOME, SUGENG RAWUH, SELAMAT DATANG, BE HAPPY

Senin, 08 April 2013

Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Pendidikan Agama Buddha Kelas VII


Program adiwiyata bertujuan menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Titik tekan program ini adalah bagaimana menumbuhkan budaya cinta lingkungan pada anak sejak dini.

Kesuksesan program adiwiyata ditentukan oleh dukungan seluruh warga sekolah. Dalam bidang pengembangan kurikulum, salah satunya adalah dengan mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup kesemua mata pelajaran, tak terkecuali mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha.

Dalam mengintegrasikan  pendidikan lingkungan hidup kemata pelajaran Pendidikan Agama Buddha, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menganalisis Kompetensi Dasar dan indikatornya. Kemudian memilah-milah mana yang relevan untuk integrasi dengan pendidikan nilai-nilai lingkungan hidup.

Berikut ini kompetensi dasar yang relevan untuk pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup. Kompetensi dasar yang saya gunakan adalah berdasarkan kurikulum 2013 dengan alasan meski belum secara menyeluruh sekolah-sekolah menerapkan kurikulum 2013 tetapi saya berpikir bahwa kedepannya kurikulum inilah yang akan digunakan maka saya menggunakan KD ini agar bisa langsung diterapkan dalam pembuatan RPP.

Analisis KD Pendidikan Agama Buddha Kelas VII dalam Pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup, sbb:


Kelas VII
Kompetensi isi
KD PAB
Kurikulum 2013
Analisis
Contoh Penerapan
1.   Menerima dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

1.1  Menghayati  hakikat ketuhanan dalam agama Buddha



Mengenal sabda-sabda Buddha tentang lingkungan
2.   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
2.1  Menunjukkan Empat sifat luhur dalam kehidupan       sehari-hari

Contoh penerapan metta (cinta kasih) yaitu meyayangi alam sekitar dengan cara merawat dan memelihara hewan peliharaan, tanaman, dan membuang sampah pada tempatnya
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya serta benda-benda dan makhluk hidup yang dijumpainya di rumah dan di sekolah

3.1  Mendeskripsikan formulasi Pancasila Buddhis dan Pancadharma


3.2  Mengidentifikasi-kan kitab suci, tempat ibadah dan Lambang-lambang dalam agama  Buddha

Membuat lambang-lambang dalam agama Buddha dengan menggunakan barang daur ulang
3.3  Mengidentifikasi kriteria agama Buddha dan umat Buddha


4.   Menyajikan pengetahuan faktual secara  logis, seni yang menggambarkan keindahan, karya yang kreatif, dan tindakan/gerakan yang mencerminkan perilaku hidup sehat.
4.1. Melaksanakan Pancasila dan Pancadharma dalam kehidupan sehari-hari
Contoh penerapan sila 1: menghargai keaneka ragaman hayati
Contoh penerapan sila 2: menghindari pekerjaan salah misalnya ilegal logging
4.2 Menceritakan peristiwa tujuh minggu setelah mencapai Penerangan Sempurna
Contoh: Buddha menghormati pohon boddhi selama 7 hari, ini merupakan teladan penghormatan terhadap kelestarian alam
4.3 Menceritakan alasan Buddha menyiarkan Dharma


4.4 Menceritakan perjalanan Buddha memutar Roda Dharma



Tidak ada komentar :